Inilah Penyebab Lutut Sakit Saat Naik Turun Tangga

 On Rabu, 04 Januari 2017  

Nyeri lutut yang dirasakan saat naik dan turun tangga lazim dirasakan oleh lansia, terutama yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh penyakit radang sendi atau osteoarthritis yang umum dialami lansia.

Namun nyeri lutut saat naik atau turun tangga tidak hanya dirasakan lansia. Pakar bedah ortopedi dari Amerika mengatakan nyeri lutut saat naik tangga bisa terjadi bukan hanya karena penyakit radang sendi.

Kekuatan otot lutut dan paha yang lemah membuat seseorang bisa saja merasakan nyeri saat naik dan turun tangga. Selain itu, otot yang kaku karena tidak pernah olahraga juga bisa menjadi sebabnya.

Secara umum, turun tangga akan lebih membebani lutut daripada naik tangga. Hal ini dikarenakan saat turun, beban yang diterima lutut berasal dari bagian atas tubuh.

Untuk menghindarinya, tentu saja harus melakukan latihan otot paha agar beban tak seluruhnya diterima oleh lutut. Latihannya cukup mudah hanya dengan menaikkan kaki selama 10-15 menit per hari.

Berbaring dan tekuk satu kaki. Luruskan kaki yang satu lagi dan angkat perlahan-lahan, lalu turunkan setelah beberapa detik. Ulangi gerakan serupa dengan kaki yang lain selama kurang lebih 10-15 menit per hari.

Jangan lupa juga untuk selalu stretching saat terlalu lama duduk. Terlalu lama duduk menyebabkan otot kaku, yang akan menyebabkan lutut terasa nyeri saat naik dan turun tangga.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan alat terapi kesehatan lutut Jeido Power Knee. Alat ini didesain untuk menjaga dan mencegah cidera lutut karena tekanan dari luar. Sangat disarankan untuk Anda yang sering naik turun tangga setiap harinya.
Inilah Penyebab Lutut Sakit Saat Naik Turun Tangga 4.5 5 Nurdian Rabu, 04 Januari 2017 Nyeri lutut yang dirasakan saat naik dan turun tangga lazim dirasakan oleh lansia, terutama yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh penyakit radang sendi atau osteoarthritis yang umum dialami lansia. Nyeri lutut yang dirasakan saat naik dan turun tangga lazim dirasakan oleh lansia, terutama yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Hal ini ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.