5 Tips untuk Mencegah Sakit Punggung yang Lebih Parah

 On Senin, 17 April 2017  



Mencegah sakit punggung, rasa sakit kerap terjadi pada bagian tubuh akibat kekakuan saraf otot dan dapat dirasakan di sepanjang tulang bagian belakang mulai dari pangkal leher dibagian atas hingga ke tulang ekor pada bagian bawah.

Rasa nyeri atau sakit yang melanda bisa berupa rasa sakit temporer, terkadang terjadi begitu saja dan juga bisa hilang dalam sekejap, akan tetapi terkadang cenderung memburuk di kala malam atau cuaca dingin. Keadaan seperti ini bisa jadi diakibatkan lantaran efek mengangkat benda berat sedangkan tubuh dalam posisi yang tidak stabil.

Penyebab rasa sakit pada punggung umumnya bukan terjadi lantaran sebab yang serius, dan penanganannya cukup dengan asupan obat pereda nyeri atau juga bisa dengan lebih aktif melakukan gerakan tubuh untuk relaksasi.

Setiap orang pastinya ingin selalu dalam kondisi prima tanpa adanya suatu keluhan kesehatan, apalagi sakit punggung. Gaya hidup masyarakat modern di saat ini banyak membuat punggung bekerja keras dan tidak seharusnya. Pola aktivitas yang salah dan sifatnya berat terkadang memicu terjadinya sakit punggung .

Para ahli mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk yang salah, kurang berolahraga, bermalas-malasan, berat badan berlebih, dan stres kronis adalah beberapa contoh kebiasaan yang bisa menyebabkan terjadinya sakit punggung.

Sekitar 90% keluhan sakit punggung terjadi akibat kurang kuatnya otot perut atau otot punggung maupun keduanya. Mencegah sakit punggung sebenarnya dapat dilakukan melalui pengaturan yang tepat pada postur tubuh serta penguatan otot-otot pada area tersebut.


Lakukan Ini Untuk Mencegah Sakit Punggung

Sakit punggung sendiri apabila diabaikan bisa semakin parah dan menimbulkan penyakit baru yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal ini, berikut akan kami berikan beberapa tips beserta penjelasannya agar terhindar dari sakit punggung:

1) Memperbaiki postur tubuh

Tips pertama untuk mencegah sakit punggung adalah menyadari posisi atau postur tubuh anda selama ini. Amatilah di cermin apakah postur anda selama ini posisinya sudah tepat. Selain itu, ketika anda telah menyadari bahwa tubuh ternyata berada dalam posisi tidak nyaman atau kaku, segeralah anda perbaiki posisi atau gaya postur anda.

Bila anda tidak segera beralih posisi atau memperbaiki postur yang salah, bisa terjadi ketegangan otot-otot ketika anda mencoba untuk berdiri atau duduk.

2) Mengatur posisi tidur yang tepat

Ketika anda tidur, coba hindari kebiasaan tidur menelungkup. Posisi ini bisa membuat perut anda tertekan ke bagian bawah sehingga punggung akan melengkung dan memicu rasa sakit. Sementara itu, tidur telentang bisa juga melengkungkan lumbar.

Sedangkan posisi tidur yang bertumpu pada salah satu sisi yang dibarengi dengan lutut, ternyata bisa mengurangi ketegangan yang dialami tulang punggung. Sebagai tambahan, letakkan juga 1-2 bantal pada bagian bawah lutut sehingga lengkungan lumbar akan menjadi rata, ketegangan bisa dikurangi, dan pinggang dapat tertarik ke arah atas.

3) Memperhatikan gerakan

Ketika anda mengangkat suatu barang, pakailah otot kaki anda dan bukan menggunakan otot lengan atau punggung. Apabila anda ingin memungut suatu benda yang berat, semisal tas belanjaan atau kotak barang, maka lengkungkan kaki serta jaga punggung anda agar posisinya tetap lurus.

Disamping itu, apabila anda hendak bepergian dan membawa bawaan yang berat, maka pilihlah tas ransel yang membagi beban menjadi dua sama rata kanan dan kiri, bukan jenis tas yang disandang di satu bahu saja.

4) Lakukan teknik relaksasi

Relaksasi pada otot-otot punggung ketika anda duduk dalam waktu lama bisa membantu mencegah terjadinya sakit di bagian punggung. Lakukanlah gerakan-gerakan peregangan selama kurang lebih 5-10 detik, misalnya dengan melakukan gerakan menarik punggung bagian bawah dan atas seperti menggeliat agar punggung menjadi tidak tegang dan lebih rileks.

5) Mengatur tingkat ketinggian

Apabila anda melakukan kegiatan seperti membaca, aturlah supaya buku yang anda baca berada tepat pada posisi lurus dengan mata, serta usahakan agar kepala juga berada pada posisi tegak. Disamping itu, jangan coba paksakan diri anda untuk memajukan leher anda ke depan.

Disamping latihan tersebut, melakukan treatment dengan alat terapi kesehatan tulang juga bisa membantu anda terhindari dari sakit punggung. Latihan-latihan tersebut mampu memulihkan fisik yang kurang fit, yang memicu sakit punggung.

Beberapa tips diatas dapat anda lakukan untuk mencegah sakit punggung dengan cara yang sederhana dan dapat dilakukan oleh siapapun agar tetap terjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
5 Tips untuk Mencegah Sakit Punggung yang Lebih Parah 4.5 5 Nurdian Senin, 17 April 2017 Mencegah sakit punggung, rasa sakit kerap terjadi pada bagian tubuh akibat kekakuan saraf otot dan dapat dirasakan di sepanjang tulang bagian belakang mulai dari pangkal leher dibagian atas hingga ke tulang ekor pada bagian bawah. Rasa nyeri atau sakit yang melanda bisa berupa rasa sakit temporer, terkadang terjadi begitu saja dan juga bisa hilang dalam sekejap, akan tetapi terkadang cenderung memburuk di kala malam atau cuaca dingin. Keadaan seperti ini bisa jadi diakibatkan lantaran efek mengangkat benda berat sedangkan tubuh dalam posisi yang tidak stabil. Mencegah sakit punggung, rasa sakit kerap terjadi pada bagian tubuh akibat kekakuan saraf otot dan dapat dirasakan di sepanjang tulang b...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.